RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas / Semester : V / II
Alokasi
waktu : 2 x
35 menit
Standar Kompetensi :
1.
Memahami peristiwa
alam yang terjadi di Indonesia
Kompetensi Dasar :
1.1 Mendeskripsikan peristiwa alam yang terjadi di Indonesia
dan contoh-contoh penyebab terjadinya peristiwa alam.
Indikator :
1.
Menjelaskan peristiwa alam yang ada di Indonesia
2.
Mengidentifikasikan
peristiwa alam yang terjadi di Indonesia
3.
Menyebutkan
cara pencegahan terjadinya peristiwa alam
4.
Membiasakan menjaga alam atau lingkungan sekitar agar
tidak terjadinya dampak peri
Nilai-Nilai
Karakter Bangsa :
(16) Peduli lingkungan
I.
Tujuan Pembelajaran :
a.
Peserta
didik dapat menjelaskan peristiwa alam
yang ada di Indonesia
b.
Peserta
didik dapat mengidentifikasikan peristiwa alam
yang terjadi di Indonesia
c.
Peserta
didik dapat menyebutkan cara pencegahan peristiwa alam
d.
Peserta
didik dapat membiasakan menjaga alam atau
lingkungan sekitar
II.
Materi Ajar :
Belajar sains 5 (IPA)
1. Bukti-bukti
peristiwa alam di Indonesia
a. Banjir
b. Tanah
longsor
c. Gunung
meletus
d. Tsunami
2. Peristiwa
alam di Indonesia
3. Pencegahan
terjadinya dampak peristiwa alam
III.
Metode, Model dan Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan : PAIKEM
Model :RRB
(Round Robin Brainstrowming)
Metode : Ceramah, kerja kelompok dan tanya jawab
IV.
Kegiatan
Pembelajaran :
Langkah-langkah
pembelajaran
A.
Kegiatan
Awal :
a. Mengajak
semua siswa berdoa sesuai dengan agama kepercayaannya masing masing untuk mengawali
pelajaran.
b. Memeriksa
kehadiran siswa
c. Memberikan
motivasi
d. Menjelaskan tujuan pembelajaran
B.
Kegiatan
Inti :
a.
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru :
1. Tanya
jawab tentang materi yang telah diajarkan.
2. Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
b.
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru :
1. Membagi
peserta didik kedalam 3 kelompok
2.
Memberikan
lembar pertanyaan kepada peserta didik dengan dikerjakan secara berkelompok
3.
Memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
4.
Memberi
kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukan hasil kerjanya kepada
guru.
5.
Guru
bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan
penyimpulan.
c.
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru :
1. Bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui peserta didik
2. Bersama
peserta didik bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman memberikan penguatan dan penyimpulan.
C.
Kegiatan
Akhir :
a. Bersama-sama
dengan peserta didik membuat rangkuman atau kesimpulan pelajaran.
b. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
c. Memberikan
tugas individu sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
V.
Alat/Bahan/Sumber belajar
1.
Alat/media : Papan tulis, spidol dan gambar-gambar peristiwa alam.
2.
Bahan : Lembar pertanyaan kuis
3. Sumber
belajar : Buku Belajar Sains 5 untuk SD kelas V, penerbit PT
Sarana Panca Karya Nusa, tahun 2004
VI.
Penilaian
Prosedur : Postes
Jenis : Tulisan
Bentuk : Pilihan Ganda dan Uraian singkat
Instrumen/soal :
Pilihan
Ganda :
1.
Ada berapa upaya
untuk mencegah banjir, diantaranya...
a.
Membuang sampah
sembarangan
b.
Membersihkan
selokan dari sampah-sampah
c.
Menebang pohon
sembarangan
d.
Membiarkan tanah
yang gundul
2.
Macam-macam
peristiwa alam yang terjadi di Indonesia, kecuali...
a.
Tanah longsor
b.
Banjir
c.
Penghijauan
d.
Gunung meletus
3.
Kelompok bencana alam yang
dapat kita cegah yaitu . . . .
a.
Banjir dan gunung meletus
b.
Gempa bumi dan tanah longsor
c.
Banjir dan tanah longsor
d.
Puting
beliung dan gunung meletus
4.
Angin kencang yang
bergerak memutar disebut angin . . . .
a.
Puting beliung
b.
Topan
c.
Laut
d.
Darat
5.
Bencana alam yang pada
dasarnya disebabkan oleh adanya penggundulan hutan yaitu . . .
a.
Gempa bumi dan tsunami
b.
Gunung meletus dan banjir
c.
Banjir dan tanah longsor
d.
Angin puting beliung dan tsunami
Uraian Singkat
:
1. Apa yang menyebabkan terjadinya banjir ?
1. Apa yang menyebabkan terjadinya banjir ?
2.
Sebutkan tiga bencana alam yang
sering terjadi di Indonesia ?
3.
Apa tujuan dari pembuatan
terasering di lereng bukit ?
4.
Jelaskan akibat membuang sampah
ke daerah aliran sungai !
5.
Sebutkan tiga usaha yang
dapat dilakukan manusia untuk mencegah banjir dan tanah longsor
!
Kunci Jawaban :
Pilihan
Ganda
1.
B. Membersihkan
selokan dari sampah-sampah
2.
C. Penghijauan
3.
C. Banjir dan tanah
longsor
4.
A. Puting beliung
5.
C. Banjir dan tanah
longsor
Uraian Singkat
1.
Membuang sampah sembarangan
dan penggundulan hutan/penebangan pohon secara liar.
2.
a. Banjir
b.
Tanah longsor
c.
Gunung meletus
3.
Pembuatan terasering di lereng
bukit bertujuan untuk mencegah tanah longsor.
4.
Aliran sungai akan
tersumbat dan mengakibatkan banjir, kemudian banjir tersebut mengakibatkan kerusakan bangunan termasuk
jembatan, berkurangnya persediaan air bersih, munculnya
wabah penyakit hasil pertanian dan persediaan makanan berkurang.
5.
Usaha untuk mencegah banjir antara
lain melakukan reboisasi atau penghijauan,
khususnya di lereng bukit,
membuat sengkedan (teras) di lahan miring agar tanah
tidak longsor diterjang hujan, jangan
membuang sampah di sungai, selokan, atau
saluran air lainnya karena
dapat menghambat aliran air dan menyebabkan
pendangkalan sungai.
No.
|
Indikator
|
Uraian
Soal
|
Tingkat
Kognitif (C1-C6)
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Menjelaskan peristiwa alam yang ada di Indonesia
|
Apa yang menyebabkan terjadinya banjir ?
|
C2
|
Membuang sampah sembarangan dan penggundulan
hutan/penebangan pohon secara liar.
|
10
|
2.
|
Mengidentifikasikan peristiwa alam yang terjadi di
Indonesia
|
Sebutkan tiga bencana alam yang
sering terjadi di Indonesia ?
|
C1
|
a. Banjir
b. Tanah longsor
c. Gunung meletus
|
10
|
3.
|
Menyebutkan cara pencegahan terjadinya peristiwa alam
|
Apa tujuan dari pembuatan terasering di lereng
bukit ?
|
C1
|
Pembuatan
terasering di lereng bukit bertujuan untuk mencegah tanah longsor.
|
10
|
4.
|
Membiasakan
menjaga alam atau lingkungan sekitar agar tidak terjadinya dampak peri
|
Sebutkan
tiga usaha yang dapat dilakukan manusia untuk mencegah banjir dan
tanah longsor !
|
C3
|
Usaha
untuk mencegah
banjir antara lain melakukan
reboisasi atau penghijauan, khususnya di lereng bukit, membuat sengkedan
(teras) di lahan miring agar tanah tidak longsor
diterjang hujan, jangan membuang sampah di sungai, selokan, atau saluran air lainnya karena dapat menghambat aliran air dan menyebabkan pendangkalan sungai.
|
10
|
Bogor,…………………………..
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru Mata
pelajaran
..………………………. …………………………………
Terima kasih mbak.....
BalasHapusTerimakasih untuk tulisannya yang menarik. Mari cegah tanah longsor dan Bencana ALam dengan menanam pohon. Sekarang semakin menarik karena ada program revolusioner, "MENANAM POHON SEKALIGUS MENDAPATKAN MANFAAT EKONOMOMI DALAM PENANAMAN DAN KAMPANYENYA"
BalasHapusCari Tahu caranya di : http://www.greenwarriorindonesia.com