JENIS-JENIS KEBUTUHAN ANAK USIA SD
Dorongan atau motif Keadaan di
dalam diri pribadi seseorang yang merupakan pemicu dalam melakukan suatu
perbuatan untuk mencapai suatu tujuan .
Thomson : Need/kebutuhan untuk menunjuk suatu drive atau dorongan.
Kebutuhan individu dapat dibedakan menjadi 2 kelompok :
1.Kebutuhan Fisiologis
2.Kebutuhan Psikologis
Kebuhan menurut Maslow ada 7 aspek kebutuhan :
1.Kebutuhan Fisiologis : rasa lapar,haus,dsb.
2.Kebutuhan akan rasa aman :
3.Kebutuhan rasa cinta dan rasa memiliki
4.Kebutuhan akan penghargaan
5.Kebutuhan estetik
6.Kebutuhan mendapatkan kepuasan diri dan menyadari potensinya
7.Kebutuhan aktualisasi diri
Menurut Landgren
1.Kebutuhan jasmaniah termasuk keamanan dan pertahanan diri
2.Kebutuhan Perhatian dan kasih sayang
3.Kebutuhan untuk memiliki
4.Kebutuhan aktualisasi diri.
DeCecco dan Grawford mengajukan 4 peranan Guru untuk memberikan dan meningkatkan motivasi siswa, yaitu :
1.Membangkitkan semangat siswa
2.Memberikan harapan yang realistis
3.Memberikan insentif
4.Memberi pengarahan
Hurlock : bahwa dalam pemenuhan beberapa kebutuhan anak, disiplin dapat digunakan.
MODUL 4
KEGIATAN BELAJAR 1
KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK USIA SEKOLAH MENENGAH
A.PERKEMBANGAN FISIK/JASMANI
Pada usia 11-12 tahun tinggi badan anak laki-laki dan wanita tidak jauh
berbeda,pada usia 12-13 tahun pertambahan tinggi badan anak wanita
lebih cepat dibandingkan laki-laki, tetapi pada usia 14-15 tahun anak
laki-laki akan mengejarnya, sehingga usi 18-19 tahun tinggi badan anak
laki-laki jauh dari wanita lebih tinggi sekitar 7 s/d 10 cm.
Abin
Syamsudin Makmun > Memetakan Profil perkembangan fisik dan perilaku
psikomotorik antara remaja awal dengan remaja akhir.
Menurut Urie Bronfenbrenner : ada 4 tingkatan pengaruh lingkungan yang merentang dari lingkungan :
1) Pengaruh sistem Mikro,yaitu lingkungan kehidupan sehari-hari, seperti lingkungan sekolah,rumah,sekolah.
2) Pengaruh lingkungan Sistem Meso,yaitu Keterkaitan antarvariasi tingkatan sistem yang melibatkan individu di dalamnya.
3) Pengaruh lingkungan Sistem Exo, yaitu pengaruh institusi lingkungan yang lebih besar
4) Pengaruh lingkungan yang paling luas adalah pengaruh sistem makro
Ada 3 faktor dominan yang mempengaruhi perkembangan siswa SLTP dan SMU yaitu pembawaan,lingkungan dan waktu.
KEGIATAN BELAJAR 2
PERBEDAAN INDIVIDU DAN KEBUTUHAN ANAK USIA SEKOLAH MENENGAH
Perbedaan individu usia sekolah menengah dibedakan berdasarkan dalam
kemampuan potensial ( potensial ability ) dan kemampuan nyata ( actual
ability ).
Perbedaan individual siswa sekolah menengah secara rinci
1) Perbedaan dalam intelegensi
Intelegensi adalah kemampuan umum seseorang dalam memecahkan masalah dengan cepat,tepat dan mudah.
Indikator perilaku inteligen menurut Whiterington :
1.Kemudahan dalam menggunakan bilangan
2.Efisiensi dalam berbicara
3.Kecepatan dalam pengamatan
4.Kemudahan dalam mengingat
5.Kemudahan dalam memahami hubungan
6.Imajinasi.
Vernon menjelaskan tentang intelegensi dalam 3 kategori,yaitu biologis,psikologis dan operasional.
Thurstone : teori uni faktor yaitu bahwa intelegensi merupakan faktor
yang tunggal.Spearman mengenalkan teori 2 faktor ,yaitu faktor kemampuan
guru(general factor) dan Bakat (specific factor ).
Guilford Teori Multifaktor : adanya 150 faktor kemampuan manusia.
Howard Gardner memperkenalkan teori Multiple intelegences,yaitu bahwa
intelegensi manusia terdiri 8 intelegensi(
bahasa,Logis-matematika,tilikan ruang,body
kinesthetic,musik,antarpribadi,intrapribadi,dan natralist).
Murray mengelompokkan kebutuhan menjadi 2 kelompok besar
1.Viscerogenic adalah kebutuhan secara fisiologis
2.Psychogenic adalah kebutuhan sosial/social motives.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar