Sabtu, 06 Juli 2013

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas / Semester                    : V / II
Alokasi waktu                        : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi             :
1.      Memahami peristiwa alam yang terjadi di Indonesia
Kompetensi Dasar                :
1.1  Mendeskripsikan peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan contoh-contoh penyebab terjadinya peristiwa alam.
Indikator                                :
1.      Menjelaskan peristiwa alam yang ada di Indonesia
2.      Mengidentifikasikan peristiwa alam yang terjadi di Indonesia
3.      Menyebutkan cara pencegahan terjadinya peristiwa alam
4.      Membiasakan menjaga alam atau lingkungan sekitar agar tidak   terjadinya dampak peri
Nilai-Nilai Karakter Bangsa : (16) Peduli lingkungan
I.         Tujuan Pembelajaran    :
a.       Peserta didik dapat menjelaskan peristiwa alam yang ada di Indonesia
b.      Peserta didik dapat mengidentifikasikan peristiwa alam yang terjadi di Indonesia
c.       Peserta didik dapat menyebutkan cara pencegahan peristiwa alam
d.      Peserta didik dapat membiasakan menjaga alam atau lingkungan sekitar


II.                Materi Ajar    :
Belajar sains 5 (IPA)
1.      Bukti-bukti peristiwa alam di Indonesia
a.       Banjir
b.      Tanah longsor
c.       Gunung meletus
d.      Tsunami
2.      Peristiwa alam di Indonesia
3.      Pencegahan terjadinya dampak peristiwa alam

III.             Metode, Model dan Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan                 : PAIKEM
Model                          :RRB (Round Robin Brainstrowming)
Metode                        : Ceramah, kerja kelompok dan tanya jawab

IV.             Kegiatan Pembelajaran        :
Langkah-langkah pembelajaran
A.    Kegiatan Awal     :
a.       Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama kepercayaannya masing masing untuk mengawali pelajaran.
b.      Memeriksa kehadiran siswa
c.       Memberikan motivasi
d.      Menjelaskan tujuan pembelajaran
B.     Kegiatan Inti        :
a.      Eksplorasi     
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
1.      Tanya jawab tentang materi yang telah diajarkan.
2.      Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
b.      Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
1.      Membagi peserta didik kedalam 3 kelompok
2.      Memberikan lembar pertanyaan kepada peserta didik dengan dikerjakan secara berkelompok
3.      Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
4.      Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukan hasil kerjanya kepada guru.
5.      Guru bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
c.       Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
1.      Bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui peserta didik
2.      Bersama peserta didik  bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman memberikan penguatan dan penyimpulan.  
C.    Kegiatan Akhir   :
a.       Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman atau kesimpulan pelajaran.
b.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
c.       Memberikan tugas individu sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

V.        Alat/Bahan/Sumber belajar           
1.      Alat/media          : Papan tulis, spidol dan gambar-gambar peristiwa alam.
2.      Bahan                  : Lembar pertanyaan kuis
3.      Sumber belajar    : Buku Belajar Sains 5  untuk SD kelas V, penerbit PT  
  Sarana Panca Karya Nusa, tahun 2004

VI.    Penilaian                   
Prosedur                      : Postes
Jenis                            : Tulisan
Bentuk                                    : Pilihan Ganda dan Uraian singkat
Instrumen/soal             :

Pilihan Ganda :
1.    Ada berapa upaya untuk mencegah banjir, diantaranya...
a.       Membuang sampah sembarangan
b.      Membersihkan selokan dari sampah-sampah
c.       Menebang pohon sembarangan
d.      Membiarkan tanah yang gundul
2.    Macam-macam peristiwa alam yang terjadi di Indonesia, kecuali...
a.       Tanah longsor
b.      Banjir
c.       Penghijauan
d.      Gunung meletus
3.    Kelompok bencana alam yang dapat kita cegah yaitu . . . .
a.       Banjir dan gunung meletus
b.      Gempa bumi dan tanah longsor
c.       Banjir dan tanah longsor
d.      Puting beliung dan gunung meletus
4.    Angin kencang yang bergerak memutar disebut angin . . . .
a.       Puting beliung 
b.      Topan
c.       Laut
d.      Darat
5.      Bencana alam yang pada dasarnya disebabkan oleh adanya penggundulan hutan yaitu . . . 
a.       Gempa bumi dan tsunami
b.      Gunung meletus dan banjir
c.       Banjir dan tanah longsor
d.      Angin puting beliung dan tsunami

Uraian Singkat :
1.   Apa yang menyebabkan terjadinya banjir ?
2.      Sebutkan tiga bencana alam yang sering terjadi di Indonesia ?
3.      Apa tujuan dari pembuatan terasering di lereng bukit ?
4.      Jelaskan akibat membuang sampah ke daerah aliran sungai !
5.      Sebutkan tiga usaha yang dapat dilakukan manusia untuk mencegah banjir dan tanah  longsor !


Kunci Jawaban         :
Pilihan Ganda
1.      B. Membersihkan selokan dari sampah-sampah
2.      C. Penghijauan
3.      C. Banjir dan tanah longsor
4.      A. Puting beliung
5.      C. Banjir dan tanah longsor
Uraian Singkat
1.      Membuang sampah sembarangan dan penggundulan hutan/penebangan pohon secara liar.
2.      a. Banjir
b. Tanah longsor
c. Gunung meletus
3.      Pembuatan terasering di lereng bukit bertujuan untuk mencegah tanah longsor.
4.      Aliran sungai akan tersumbat dan mengakibatkan banjir, kemudian banjir tersebut mengakibatkan  kerusakan bangunan termasuk jembatan, berkurangnya     persediaan air bersih, munculnya wabah penyakit hasil pertanian dan persediaan  makanan berkurang.
5.      Usaha untuk mencegah banjir antara lain melakukan reboisasi atau penghijauan, 
 khususnya di lereng bukit, membuat sengkedan (teras) di lahan miring agar tanah
 tidak longsor diterjang hujan, jangan membuang sampah di sungai, selokan, atau
saluran air lainnya karena dapat menghambat aliran air dan menyebabkan
pendangkalan sungai.




No.
Indikator
Uraian Soal
Tingkat Kognitif (C1-C6)
Kunci Jawaban
Skor
1.
Menjelaskan peristiwa alam yang ada di Indonesia


Apa yang menyebabkan terjadinya banjir ?
C2
Membuang sampah sembarangan dan penggundulan hutan/penebangan pohon secara liar.

 

      10
2.
Mengidentifikasikan peristiwa alam yang terjadi di Indonesia


Sebutkan tiga bencana alam yang sering terjadi di Indonesia ?

C1
a. Banjir
b. Tanah longsor
c. Gunung meletus

10
3.
Menyebutkan cara pencegahan terjadinya peristiwa alam


Apa tujuan dari pembuatan terasering di lereng bukit ?

C1
Pembuatan terasering di lereng bukit bertujuan untuk mencegah tanah longsor.

10
4.
Membiasakan menjaga alam atau lingkungan sekitar agar tidak   terjadinya dampak peri


Sebutkan tiga usaha yang dapat dilakukan manusia untuk mencegah banjir dan tanah  longsor !

C3
Usaha untuk mencegah banjir antara lain melakukan reboisasi atau penghijauan, khususnya di lereng bukit, membuat sengkedan (teras) di lahan miring agar tanah tidak longsor diterjang hujan, jangan membuang sampah di sungai, selokan, atau saluran air lainnya karena dapat menghambat aliran air dan menyebabkan pendangkalan sungai.

10
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             Bogor,…………………………..
 Mengetahui                                                                           
 Kepala Sekolah                                                            Guru Mata pelajaran

..……………………….                                               …………………………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar